Wanita Desa yang Beromzet Bisnis Rp 350 Juta Sebulan

Kalung, anting dan gelang wanita dari manik-manik dan batu yang berhasil diekspor ke Eropa dan Cina dengan omzet penjualan sekitar Rp 350 juta sebulan. Penghasilannya ini sangat besar untuk ukuran desa. Sehingga tidak heran jika rumah yang ditempatinya paling megah di perkampungan Ledokombo, sekitar 30 kilometer sebelah utara Kota Jember.

Sebagai mantan TKW (Tenaga Kerja Wanita) selama tujuh tahun bekerja di negara Malaysia. Wanita berjilbab modern ini pada tahun 2010 memutuskan pulang ke kampung halamannya di Kaki Gunung Raung untuk kembali seterusnya di tanah kelahirannya.

Read more...

Sisi Lain Penyelenggaraan Jember Fashion Carnaval

Jika harus menuliskan sudut pandang warga Jember mengenai dampak baik dari keberadaan perhelatan akbar fashion kelas dunia ini tentu akan banyak sekali. Setidaknya tak lepas dari empat hal yaitu edukasi, entertain, exhibition atau pameran, serta economi benefit.

Di sebuah perhelatan akbar macam Jember Fashion Carnaval, tentu juga menyisakan ruang dialog mengenai ketidak-sempurnaannya. Saya kira, memperbincangkan kekurangan JFC adalah penting, setidaknya sebagai 'sangu' untuk perhelatan JFC berikutnya. Sebagai catatan, kita memberikan apresiasi bukan karena membenci, namun atas dasar saling melengkapi. Jika terjadi kemacetan komunikasi dua arah, maka kita tidak bisa lagi meraba dinamika sosial yang terjadi di pelukan masyarakat Jember itu sendiri, selaku tuan rumah.

Read more...

Kejayaan Majapahit dan Reog dihadirkan dalam "Jember Fashion Carnaval"

Jember (ANTARA News) - Kejayaan Kerajaan Majapahit dan kesenian tradisional Reog dihadirkan dalam rangkaian karnaval "Jember Fashion Carnaval" (JFC) ke-14 dengan tema "Outframe".

Dalam Grand Carnaval JFC ke-14 yang digelar pada 30 Agustus 2015, defile Majapahit tampil sebagai pembuka pada karnaval terbaik Indonesia yang menduduki peringkat keempat untuk kategori terunik dan terheboh se-dunia tersebut.

Read more...

Saiful Huda, Arek Jember yang Berhasil Go International lewat Pastry

Siapa sangka, Saiful Huda kelahiran Jember, Jawa Timur ini pernah berhasil menjadi seorang eksekutif pastry chef di hotel-hotel bintang lima. Sekarang profesinya telah diakui menjadi seorang konsultan pastry chef di tingkat Asia dan menetap di Thailand.

Dari kota kecil Ambulu di Jember, lulusan Institut Hotel dan Pariwisata di Bali ini telah menjadi pastry chef di Hotel The Regent Four Season Jakarta , Emirates Towers Hotel , Intercontinental Osaka Jepang dan menjadi Executive PastryChef di di Hotel Ritz Calton Doha,serta Intercontinental Doha di Qatar.

Read more...

Badan Menjadi Segar Setelah Melakukan Terapi Oksigen Hiperbarik (HBOT)

orang awam tidak mengetahui betapa pentingnya oksigen untuk menyembuhkan jaringan tubuh yang rusak dengan tepat, baik di kulit, otot ataupun tulang.Terapi oksigen hiperbarik atau dikenal dalam bahasa ilmiahnya bernama Hyperbaric Oxygen Treatment (HBOT) adalah proses pemberian oksigen 100 persen kepada pasien di dalam alat berupa mesin oksigen menyerupai tabung berbentuk kapal selam.

Ini dilakukan di dalam sebuah ruangan khusus yang dikenal dengan sebutan mesin hiperbarik. Dirancang secara khusus sehingga kebal terhadap tekanan di dalam yang bertambah. Tujuan dari pengiriman oksigen murni ke dalam ruangan mesin ini adalah untuk menyalurkan sejumlah oksigen ke dalam tubuh yang akan membantu dalam peremajaan jaringan tubuh.

Read more...

Novel Sang Patriot Dibikin untuk Eyang Sroedji Tercinta

Irma Devita adalah cucu kesayangan dari Eyang Sroedji. Masa kecilnya sangat dekat dengan Mbah Putri Rukmini. Beliau sering sekali mendongengkan kisah kepahlawanan almarhum Mbah Kakung Sroedji. Kepandaian beliau mendongeng membuat setiap dongengnya selalu menarik dan berhasil membuat hati saya bergelora. Suatu saat waktu saya umur delapan tahun, saya ingat sekali bhwa saya pernah berucap kepada beliau untuk menuliskan kisah kepahlawanan mbah kakung ke dalam sebuah tulisan.

Bertahun-tahun kemudian, Irma sudah lupa dengan janjinya, sampai mbah putri meninggal tahun 2000 (usia 14tahun lalu). Sampai suatu saat, saya yang sudah menulis tujuh buku tentang hukum, teringat pada janji masa kecil dulu.

Read more...

Menuliskan Perjalanan

kademi Berbagi Jember (Akberjember) kembali mengadakan Kelas. Kelas ke-19 kali ini mengambil tema Travel Writing yang menghadirkan seorang Guru yang sangat pakar dibidangnya. Asita DK adalah seorang traveller yang juga salah satu Jurnalis di PT. Kompas Media Nusantara. Salah satu judul Buku travelling nya yang paling terkenal adalah “Menyambut Pagi di Bromo Melepas Penat di Raja Ampat”.

Kelas kali ini pastinya dihadiri oleh kawan-kawan peng-hobi travelling dan juga kawan-kawan Jurnalisme Kampus. Diantara yang hadir itu adalah kawan-kawan dari Komunitas Couch Surfing, #SaveGumuk, dan Persma Jember.

Read more...

Joyce, Ibunda Ahmad Dhani Pernah Mandi Di Sungai Bedadung

Joyce Kohler (69) , ibunda musisi Ahmad Dhani pernah tinggal di Kota Jember sejak tahun 1949 sampai tahun 1968 karena ayahnya, Kohler bekerja sebagai guru SMA Katolik di Jember. Joyce bersekolah mulai SD Maria Fatima, SMP Maria Fatima dan SMA Katolik . Sempat ikut kuliah di Fakultas Sastra di Universitas Jember tahun 1965, meski tidak sampai selesai.

Joyce paling berkesan tinggal di Jember ketika pernah mandi di Sungai Bedadung. “Waktu itu air PAM sempat mati seminggu, saya dan adik-adik sempat mandi di Sungai Bedadung . Tapi airnya masih bening. Yang paling tidak bisa melupakan Jember waktu mandi itu ,” kenang Joyce ketika saya temui di kediamannya di daerah Pondok Indah, Jakarta.

Read more...

Page 1 of 2

Start
Prev
1