Joyce, Ibunda Ahmad Dhani Pernah Mandi Di Sungai Bedadung

Joyce Kohler (69) , ibunda musisi Ahmad Dhani pernah tinggal di Kota Jember sejak tahun 1949 sampai tahun 1968 karena ayahnya, Kohler bekerja sebagai guru SMA Katolik di Jember. Joyce bersekolah mulai SD Maria Fatima, SMP Maria Fatima dan SMA Katolik . Sempat ikut kuliah di Fakultas Sastra di Universitas Jember tahun 1965, meski tidak sampai selesai.

Joyce paling berkesan tinggal di Jember ketika pernah mandi di Sungai Bedadung. “Waktu itu air PAM sempat mati seminggu, saya dan adik-adik sempat mandi di Sungai Bedadung . Tapi airnya masih bening. Yang paling tidak bisa melupakan Jember waktu mandi itu ,” kenang Joyce ketika saya temui di kediamannya di daerah Pondok Indah, Jakarta.

Joyce menceritakan serunya mandi di Sungai Bedadung. Dengan memakai kain panjang mandi di sungai yang membelah Kota Jember itu. “Kalau dipegang kain depan kain belakang kebuka, kena arus sungai. Kalau yang dipegang kain depan, kain bagian belakang kebuka pokoknya seru,” cerita ibu tiga anak ini sambil tertawa.

Percaya tidak percaya legenda yang selalu melekat di masyarakat Jember kalau pernah mandi di Sungai Bedadung akan tinggal di Jember. Tapi Joyce meskipun tinggal di Jakarta masih tetap tidak bisa melupakan Jember dan masih sering pergi ke Jember untuk menengok teman-teman sekolahnya.

Selama sekolah di SD dan SMP Maria Fatima, Joyce berangkat dan pulang sekolah dengan berjalan kaki melewati alun-alun Jember. Rumahnya dulu di Jalan Irian Jaya dan Jalan PB Sudirman berjalan setiap hari ke sekolah SD di Jalan Kartini. Tapi sekarang Joyce merasa asing dengan Kota Jember terlebih alun-alunnya. “Semua sudah berubah . Saya terakhir ke Jember enam bulan yang lalu alun-alun semuanya berubah, saya merasa asing di Jember,” ujar Joyce yang suka musik ini.

Hobi Joyce kalau hari libur dulu bersama teman-temannya melakukan perjalanan menggenjot sepeda dari Jember ke Kalisat pulang pergi. “Sangunya cuma sayur ketimun. Tapi kok kuat ya waktu itu,” tambahnya.

Joyce punya grup musik wanita namanya Band Muda Ria yang sering main di Jember. Gedung kesenian yang dikenang Joyce sewaktu tinggal di Jember adalah Gedung GNI dan Sosutet Universitas Jember. “Dua tempat itu zaman dulu tempat yang paling bagus untuk main musik.” kenangnya. (Asita DK Suryanto)