Saiful Huda, Arek Jember yang Berhasil Go International lewat Pastry

Siapa sangka, Saiful Huda kelahiran Jember, Jawa Timur ini pernah berhasil menjadi seorang eksekutif pastry chef di hotel-hotel bintang lima. Sekarang profesinya telah diakui menjadi seorang konsultan pastry chef di tingkat Asia dan menetap di Thailand.

Dari kota kecil Ambulu di Jember, lulusan Institut Hotel dan Pariwisata di Bali ini telah menjadi pastry chef di Hotel The Regent Four Season Jakarta , Emirates Towers Hotel , Intercontinental Osaka Jepang dan menjadi Executive PastryChef di di Hotel Ritz Calton Doha,serta Intercontinental Doha di Qatar.

Sekarang sudah tidak bekerja di hotel lagi. Huda telah menjadi Pastry Chef Consultant dan pemilik usaha cake shop (art pastry bakery) Ban Chocolate di Mahasarakham, Thailand tepatnya 450 km sebelah timur laut dari Kota Bangkok . Huda berhasil membangun dan mendirikan usaha sendiri untuk mempromosikan dan mendidik masyarakat tentang bisnis cokelat khususnya dan kue roti pada umumnya. Lihatlah foto-foto kue buatannya yang diupload di FB Saiful Huda kelihatan menarik, indah dan pasti rasanya enak sekali.

Sebagai Pastry Chef Consultant, sekarang Huda telah menjadi konsultan pastry di hotel-hotel dan resortseperti Manathai Koh Samui and Khaolak Thailand, Oasia Yangon Myanmar dan hotel besar lainnya di Asia.Sebagai konsultan Huda berhasil melatih semua staf baru pastry kitchen sampai sukses dalam karir, dan membuka kelas memasak di hotel-hotel terkemuka Asia.

Pengalaman paling menarik selama menjafdi chef adalah menjamu orang nomor satu Amerika Serikat waktu itu tahun 2003 yaitu Presiden George Bush.Butuh persiapan yang teliti terutama dari segi keamanan di Ritz Calton Hotel, Doha Qatar. Acaranya waktu itu, Bush melakukan kunjungan kenegaraan ke negara Qatar.

Bagaimana persiapan untuk menjamu orang nomer satu dunia? Proses persiapan seorang chef dan bagaimana kondisi dan situasi yang sangat super ketat dari tim pengamanan presiden. Ini cerita langsung dari Huda melalui email kepada penulis:
1. Sebulan sebelumnya harus bikin special ID card untuk acara tersebut. Kalau tidak memiliki ID tidak bisa masuk hotel.
2.Kitchen inspection ,mulai dari peralatan dapur sampai bahan-bahan makanan harus aman untuk dikonsumsi.
3. Blockir area hotel seminggu sebelumnya. Jadi hanya fasilitas yang ada di hotel & resort yang bisa digunakan.
4. Setiap ruang / departement selalu ada security dan pintu scanner .
5.Purchase barang in advance ,jadi kita bikin persediaan selama kurang lebih 2 minggu , karenapada saat tertentu vendor tidak bisa masuk ke hotel.

Pastry sendiri super sibuk karena Huda dan tim harus buat welcome amenity untuk president and rombongan nya. Huda bikin Arabic Chocolate Amenity.Ini kombinasi antara arabic sweet sama olahan chocolate.

Untuk acara pembuka Huda bikin cocktail menu dengan penyajian pass around,ukuran makanannya super mini , one bite only. Tim di beri jadwal untuk timing servis makanan seperti kapan president dan VIP guest akan datang, semisal waktu president pidato di acara cocktail party,semua harap tenang dan tidak ada yang berisik di belakang.

Setelah acara cocktail selesai, Huda menjamu untuk acara berikutnya yaitu dengan menyajikan hidangan Arabic &International Buffer.Arabic sweet dengan baklwa,zunud,cheese Kataif,date pudding dan tidak ketinggalan juga sperti black forest,tiramizu,chocolate truffle. Huda sengaja bikin menu khusus ala Indonesia kue lapis legit (bumkhuchen nya Indonesia kata orang Jerman) ada lebih dari 50 variasi makanan belum termasuk live station (crepe suzzete, chocolate fountain).

Mereka enjoy dan senang dengan pelayanan Tim Huda.Mereka mengucapkan terima kasih dengan memberikan sertifikat untuk excellent service. Huda dan timkerjanya baru lega dan santai setelah masa melelahkan dan tekanan mental telah lewat dengan hasil yang memuaskan di kedua belah pihak.Untuk merayakan keberhasilannya mereka membuat pesta untuk semua karyawan yang berpatisipasi dalam special event seperti ini.

Pengalaman lain yang lebih seru adalah membuat kue untuk "25 th Anniversarry Of Sultan Qobus Oman Muscat"dimana Huda kerja di InterContinental Al Bustan Palace adalah milik dari Sultan/Royal Family.

Tantangan buat Huda dan tim kerjanya adalah harus menyiapkan buffet dengan tema chocolate and macarron. Di samping itu membikin kue yang desainnya seperti bentuk hotel yg kami punya yaitu InterCont dan yang bikin surprise yaitu size dari cake ini . Super jumbo kira2 1.5 x1.5 x 2 m dengan waktu lima hari kerja.

Yang unik prosesnya , Huda harus ambil struktur gedung / hotel, resize untuk actual cake ,order special item seperti fondant, chocolate , gold leaves yg jumlah nya sangat banyak. Semua tim kerja ekstra. Purchasing tim mulai belanja apayang dibutuhkan, engineering mulai set up lighting , back ground music, kitchen pastry mulai bikin cake base, sugar deco,chocolate deco misalnya untuk buat pilar , atap hotel dan lainnya.

Jadi idenya itu setelah pidato dari Sultan, kuecake ukuran raksasa dikeluarkan. Ini bagian dari puncak acara. Karena lampu diredupkan dalam ruangan. Timmembawa cake dari belakang sampai ke panggung. Cake tersebut sudah didesain dengan lampu dan asap. Semua konsentrasi pada cakedengan waktu tertentu kita hidupkan kembang api yang mirip fire work. Semua tamumerasa surprise dengan memberikan tepuk tangan sambil berdiri. Setelah lampu hidup lagi. Tim mengucapkan selamat pada Sultan dan mempersilahkan Sultan potong kue untuk difoto bersama.

Ada cerita menarik yaitu perbincangan antara Ambassador and GM di hostel Huda bekerja:
A: whats the name of Pastry Chef ?
G: Saiful Huda
A : Is he from France or German ?
G: No, he is from Indonesia
A: wow.. Really surprised , Talented and legend chef I have never seen before....

When I walked around and talked with the guest, they are very happy .Waktu Huda ngobrol sama mereka, sempat dibilang kalau kelahiran Jember. Huda mencoba untuk menjelaskan garis besar tentang tanah kelahirannya di Jember, asal Indonesia.

Menurut Huda , pelajaran yang bisa diambil untuk sukses adalah:
1. Tidak ada kata No , kalaul kita yakin dan kerja keras.
2. Sharing / team work /berbagi baik pengalaman dan kemampuan adalah cara untuk hidup lebih mudah.
3. Respect , dan No SARA,jadikan lah perbedaan sebagai asset atau kelebihan.
4. Tekunilah kerjaan yang Anda cintai.

Impian Huda yang memiliki istri asal Thailand ini sudah 90 persen terwujud mulai awal bekerja sebagai pastry chef , excutive pastry chef, pastry chef consultant dan pemilik dari cake shop.Untuk impian terahirnya Huda adalah membuka pastry academy di kampung halamannya di Jember, Jatim. Semoga impiannya sukses Mas Huda. Ayo bangun kampung kelahiranmu , Jember rek! (Asita Dk Suryanto / This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ).

Sumber foto: diambil dari album foto FB Saiful Huda.