Pia Tape Oleh-oleh Baru Khas Jember

Kota Jember, Jawa Timur sebagai kota tape memang menumbuhkan aneka rasa jenis jajanan serba bahan tape singkong. Mulai mulai suwar suwir, prol tape, dodol tape, dan sekarang ada inovasi baru pia tape merk Anis yang mulai popular untuk oleh-oleh khas Jember.

Pia tape aneka rasa mulai keju, coklat dan keju. Harga di toko oleh-oleh Rp 13.000 per kotak dengan isi 10 potong pia yang berbentuk kotak selebar 5 centimeter.

Read more...

Rujak Cingur Rambipuji Murah dan Nikmat

Salah satu menu favorit saya apabila pulang kampung ke Jember adalah makan rujak cingur. Rujak cingur Rambipuji di dekat alun-alun Rambipuji sudah lama menjadi rekomendasi teman untuk dicoba. Tetapi saya baru sempat mencoba pas liburan lebaran 2014. Nama warung nya sengaja diambil sama dengan nama Kecamatan Rambipuji. Sedangkan pemiliknya Ibu Suryani yang menguleg rujaknya tidak mau menjadi nama warungnya.

Seperti namanya makanan tradisional daerah Jawa Timur ini berbahan utama cingur. Cingur adalah istilah dalam bahasa Jawa untuk area mulut hingga hidung sapi. Dalam menu tersebut juga akan kita temukan aneka sayuran rebus, tahu tempe dan campuran cingur sehingga nama makanannya menjadi rujak cingur.

Read more...

Gula merah dari Bahan Nira Dibuat di Ambulu dan Wuluhan

Bagian selatan Kota Jember merupakan daerah pesisir yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Namun untuk sebagian desa di dua kecamatan, Wuluhan dan Ambulu sebagian warganya memilih sebagai pembuat Gula Merah. Jika pada sebagian daerah menggunakan Nira dari pohon aren, desa dari dua kecamatan ini berbeda, mereka menggunakan Nira dari pohon kelapa sebagai bahan baku pembuat gula.

Desa Kepel contohnya, desa ini terletak di sisi timur Desa Lojejer yang berdekatan dengan muara Sungai Bedadung. Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Wuluhan ini memiliki lahan perkebunan kelapa milik warga yang bisa dibilang luas, jika rata-rata pembuat Gula Merah memiliki 100 pohon kelapa dengan jarak tanam 5 meter maka bisa dibayangkan berapa luas lahan perkebunan kelapa milik warga desa jika ada 300 KK.

Read more...

Prol Tape

Kue prol tape sebagai ikon baru makanan oleh-oleh dari Kota  Jember, Jawa Timur sekarang sudah mulai disukai warga Jember sendiri dan pelancong yang ingin membawa oleh-oleh khas Jember.

Makanan yang berbahan dasar tape singkong ini ini ada berbagai macam rasa mulai coklat, keju, kismis, dan orisinal.  Kue yang terbuat dari tepung terigu,tape singkong, susu, mentega dan telur ini rasanya hampir seperti kue cake tapi aroma rasa tapenya sangat terasa yaitu manis, kecut dan gurih.

Read more...

Ice Cream Domino Sudah 50 Tahun Melegenda di Jember

Kalau di Jakarta ada ice cream tempo dulu Ragusa. Di Jember, Jawa Timur ada pula ice cream Domino yang legendaris sudah berjualan hampir 50 tahun dan telah dikelola tiga generasi.

Lokasinya di jantung kota Jember tepatnya di Jalan Sultan Agung, Jember sangat gampang dicari karena dekat alun-alun kota dan dilalui semua angkutan kota. Rasa ice cream bermacam-macam mulai coklat, vanilla, buah, strawberry, blueberry, mocca, rainbow dan banyak lagi rasa lain sampai 40 jenis.

Read more...

More Articles...

Page 1 of 3

Start
Prev
1