Rujak Cingur Rambipuji Murah dan Nikmat

Salah satu menu favorit saya apabila pulang kampung ke Jember adalah makan rujak cingur. Rujak cingur Rambipuji di dekat alun-alun Rambipuji sudah lama menjadi rekomendasi teman untuk dicoba. Tetapi saya baru sempat mencoba pas liburan lebaran 2014. Nama warung nya sengaja diambil sama dengan nama Kecamatan Rambipuji. Sedangkan pemiliknya Ibu Suryani yang menguleg rujaknya tidak mau menjadi nama warungnya.

Seperti namanya makanan tradisional daerah Jawa Timur ini berbahan utama cingur. Cingur adalah istilah dalam bahasa Jawa untuk area mulut hingga hidung sapi. Dalam menu tersebut juga akan kita temukan aneka sayuran rebus, tahu tempe dan campuran cingur sehingga nama makanannya menjadi rujak cingur.

Namun, rasa rujak cingur sungguh sangat berbeda dari rujak buah biasa. Di dalam bumbu rujak cingur terdapat bahan utama yang menguarkan aroma dan rasa yang super khas yaitu petis udang.

Dalam acara arisan keluarga Jawa Timur selalu menu rujak cingur yang bikin ketagihan yang cepat habis duluan untuk disantap. Rujak cingur agar lezat campuran petis dan kacang tanahnya gorengnya berukuran seimbang ditambah irisan pisang batu atau klutuk. Yang menjadi rebutan untuk diambil pasti rujak cingurnya dibanding menu makanan lain.

Ibu Suryani yang mengulek sendiri rujaknya mengatakan Warung Rujak Rambipuji yang dikelolanya sudah berjalan 30 tahun meneruskan usaha mertuanya. Sedangkan Suryani sendiri telah 17 tahun tiap hari menguleg rujak cingur melayani pembeli.

Rujak cingur Rambipuji terkena dengan bumbunya yang kental dan banyak menutup sayuran, tahu-tempe, cingur dan timun. Rasanya asin manis asam pedas perpaduan petis, cabe, dan kacang tanah terasa pas di lidah. Harganya cukup murah hanya Rp 10.000 per piring bandingkan dengan harga rujak di Jakarta yang mencapai Rp 50.000 per porsi apabila dijual di mall.

Makan rujak cingur sangat pas dibarengi minum es dawet segar. Es dawet Rambipuji disini dijamin dari bikinan sendiri beras asli dan penyajiannya di dalam gelas ditambah irisan buah nangka dan tape singkong, Sangat segar rasa dawetnya yang harga cukup murah Rp 4.000. Siang hari makan siang dengan rujak cingur dan minum es dawet terasa nikmat dan segar. (Asita Dk Suryanto)