Tape Singkong Jember yang Legit Mudah Dibuat

Tape Singkong Jember sudah terkenal sejak dulu. Rasanya manis kecut. Kalau dulu kemasannya selalu pakai besek bamboo sekarang sudah dalam kemasan kertas.

Bagaimana cara bikin tape yang manis. Ternyata sederhana saja, yang penting bahannya singkong yang berkualitas bagus dikupas, dicuci bersih, kemudian direbus sampai matang. Setelah singkong rebus dingin, singkong dilumuri ragi tape secukupnya, dengan digosok di seluruh bagian singkong.

Kemudian singkong yang sudah diragi ini dimasukkan ke dalam dus kertas kemasan dan ditutup rapat. Maka dua sampai tiga hari kemudian singkong sudah menjadi tape dan siap disantap. Setiap dus dijual dengan harga Rp 15.000 dan beratnya setiap dus sekitar 800 gram.

Penulis sengaja dating ke pabrik tape merek 67 di JalanKenanga Gang X Nomer 67 Gebang, Jember. Tape 67 sudah melakukan produksi selama 20 tahun dan produksinya dikirim ke kota-kota di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Probolinggo, Pasuruan dan kota lainnya. Sehari bisa memproduksi tape antara tiga sampai lima kwintal singkong. Kalau sudah menjadi tape sehari bias diproduksi 300 dus. Singkong yang bagus dikirim dari Desa Garahan, Sempolan.

Karena Jember sudah terkenal menjadi kota tape, maka oleh-oleh kue khas Jember yang diolah semua dari bahan tape yaitu prol tape, pia tape, suwar-suwir. Kalau dating ke Jember wajib beli oleh-oleh tapenya yang legit. Banyak pilihan merek tape antara lain tape Sumber Madu, Sumber Manis, sari madu, dan 67. (Asita DK Suryanto)