Cobalah Cicipi Sate dan Sop Kuda di Tanggul, Jember

Anda ingin merasakan sate kuda dan sop kuda yang langka di Jember, Jatim? Datanglah di Restoran Munawati di Kecamatan Tanggul sekitar 30 Km dari arah barat Jember

Restoran ini menyediakan berbagai menu masakan Jawa Timur tapi menu andalannya adalah sate kuda dan sop kuda. Kuda yang dipotong adalah kuda berusia muda berumur antara 7 bulan sampai dua tahun.

Suami Munawati sendiri yang beternak dan merawat kuda di rumahnya. Dia juga bisa melakukan sendiri proses pemotongan kudanya. Kuda dipotong tergantung kebutuhan setiap tiga hari sampai seminggu untuk keperluan konsumsi restoran.

Lokasi restoran cukup strategis. Terletak di pinggir Jalan Raya jurusan Jember, Surabaya. Sekitar 2 Km jaraknya dari dari Alun–alun Kota Tanggul, ke arah Timur.

Nama restoran diambil dari nama pemilik, bernama Munawati. Dia menggeluti usaha warung Sate Kuda ini, sudah tujuh tahun terinspirasi dari orang tua angkatnya yang memiliki peternakan kuda juga.

>Bagi para penikmat wisata kuliner inilah salah satu tujuan kuliner yang unik dan menarik. Apalagi ditambah ilmu pengetahuan yang menyebutkan bahwa daging kuda bisa menyembuhkan banyak penyakit dan minyak kuda juga bisa menyembuhkan gatal-gatal di kulit.

Saya sengaja memesan sate kuda dan sop kuda untuk makan siang. Rasa daging kuda untuk masakan sop hampir seperti rasa sop daging kambing. Sedangkan rasa sate kudanya cukup empuk tapi tidak begitu gurih kalau dibandingkan sate kambing. Tekstur daging kuda hampir seperti daging kambing berserat halus. Terutama iga kambing di dalam sop hampir serupa. Kalau daging kuda pada potongan sate kurang terasa rasa dagingnya karena potongan dagingnya untuk sate kecil, tidak sebesar potongan sate untuk daging kambing seperti biasanya.

Bagi penikmat kuliner yang unik dan jarang ditemui di Jember, coba saja menikmati sate kudanya yang seporsinya dihargai Rp 30.000 dan sop kuda per porsi dipatok Rp 28.000.(Asita DK Suryanto)