Minuman JWC (Jember Wedang COR) Perlu Dicoba

Kalau pergi ke Kota Jember , Jawa Timur wajib hukumnya untuk mencoba minuman panas wedang cor . Minuman yang cocok diminum di waktu malam hari terbuat dari campuran susu kental manis, tape ketan dan wedang jahe. Rasanya campuran antara rasa manis, asam dan pedas dan hangat cocok diminum diwaktu musim hujan dan dingin. Minuman hangat ini berwarna abu-abu hasil dari warna racikan susu campur tape ketan hitam.

Minuman panas ini ditemukan oleh Mbah Ayu sekitar 10 tahun yang lalu di warung kopinya di Jalan Pajajaran Jember yang lokasinya di belakang Kantor Perhutani. Tanpa sengaja Mbah Ayu mencoba-coba campuran susu, jahe dan tape ketan menjadi minuman hangat yang dicor dengan air panas mendidih. Jadilah minuman temuannya diberi nama wedang cor.

Wedang cor, minuman yang disukai anak muda untuk diminum sambil nongkrong dengan teman dan sahabat di warung-warung kopi lesehan.

Di Jember dikenal setiap tahun ada acara kegiatan JFC (Jember Fashion Carnaval) dan acara itu pasti diminati banyak wisatawan. Dan wisatawan dari luar daerah perlu juga diperkenalkan dengan minuman JWC (Jember Wedang Cor) , yaitu kuliner minuman khas.

Karena Jember memiliki kampus negeri Universitas Jember sehingga banyak anak muda di Jember yang pada waktu malam hari mencari tempat nongkrong yang murah meriah. Jadilah warung kopi Mbah As menjadi salah satu pilihan tempat bercengkerama bersama sahabat dan teman. Gorengan berupa, tempe, dan tahu goreng sangat cocok menemani untuk camilan bersama wedang cor. Nama warungnya sengaja mengambil nama salah seorang anaknya, Mbah As.Tetapi Mbah Ayu tetap setia melayani sendiri pelanggannya setiap malam dibantu Mbak As.

ota tape ini memang cocok untuk tempat cangkruk yang menyediakan tempat kuliner unik dari bahan tape. Selain wedang cor ada camilan suwar suwir, prol tape, pia tape yang semuanya berasal dari tape.(Asita DK Suryanto)