Tape Singkong Khas Jember

Tape singkong ada dijual dimana-mana di seluruh Pulau Jawa. Tapi tape dengan kemasan di dalam besek atau anyaman bambu hanya ada di Jawa Timur. Terutama di Kota Jember dan Bondowoso, tape singkong menjadi primadona untuk oleh-oleh dan makanan olahan.

Makanan olahan bisa jadi kue prol tape, brownies tape, pia tape, dodol tape dan suwar suwir seperti permen yang bisa menjadi oleh-oleh khas Kota Jember.

Kue prol tape baru berkembang sekitar lima tahun terakhir di Jember. Sekarang rasanya sudah bervariasi mulai rasa coklat, keju, stroberi dan rasa orisinal. Campuran tepung telur gula tape ini sekarang dikemas dalam dus bagus berkaca plastik sehingga bisa dilihat dari luar jenis rasanya. Didalam dusnya juga disediakan pisau plastik kecil untuk memotong kuenya.

Tape singkong bisa juga untuk bahan suwar-suwir makanan khas Jember yang seperti permen. Ada berbagai macam rasa dan warna mulai coklat, sirsak, stroberi, pandan, dan vanilla.

Ada juga dodol tape makanas dari tape yang dibikin memanjang sepertti dodol dibungkus kertas minya. Dodol tape rasanya manis kecut tapi empuk sperti dodol ketan di Jawa barat bedanya rasanya ya rasa tape kecut manis.

Dari bahan tape singkong bisa diolah juga menjadi tape goreng, kue cake tape, kolak tape pisang, es campur tape, es puding tape dan air tape bisa juga untuk campuran minuman panas.

Rasa tape besekan antara campur manis kecut. Warna putih berlumur tepung dari ragi yang membuat tape menjadi lunak dan manis. Tape akan semakin lunak atau lembek apabila tingkat kematangannya sudah pas.

Tape dari bahan singkong ini harus bersih betul proses pencuciannya sebelum diberi ragi agar menjadi tape yang manis dan matang. Ukuran racikan ragi dan singkong harus pas agar bisa menjadi tape yang manis.

Tape singkong dijual bertingkat isi tiga besek dijual antara Rp 10.000 sampai Rp 12.000 tergantung besar kecilnya. Nama merk tape bermacam-macam mulai sumber madu, primadona, sari madu, dan merk 66.

Tape dalam besek dijual dilengkapi dengan tanggal kematangannya. Paling lama matang dalam waktu seminggu bisa dibawa ke luar negeri sampai lima hari baru matang. Kalau ingin dimakan langsung hari pembelian berarti pembeli perlu membeli tape yang matang hari itu juga.

Tape besekan ini dijual juga di Stasiun Kereta Api Jember yang menjadi pusat oleh-oleh bagi pengguna kereta api jurusan Banyuwangi-Surabaya yang ingin beli tape di stasiun kereta. Di Terminal Tawangalun, terminal bus Jember juga banyak pembeli yang menenteng tas besekan bertingkat untuk oleh-oleh keluarga di luar kota.

Tape besekan dijual di semua toko oleh-oleh di Jember terutama di Jalan Gajah Mada banyak toko oleh-oleh yang berjualan tape. Sedangkan Toko Primadona di dekat pasar Tanjung berjualan semua produk tape mulai prol tape, suwar-suwir dan tape besek. (Asita Suryanto)