Nasi Gudeg Pecel

Nasi gudeg campur pecel sayur dan ayam bakar disajikan dalam satu piring apakah pecinta kuliner pernah membayangkan? Kalau Anda sedang berkunjung ke Kota Jember, Jawa Timur cobalah sarapan di Warung Lumintu, Jalan Kartanegara, Jember.

Warung Lumintu sudah melegenda berjualan selama 30 tahun di Kota Jember dan sudah menjadi langganan bagi warga Jember untuk sarapan pagi dengan menu khusus campuran nasi gudeg, pecel sayur dan ayam bakar.

Nasi disajikan dengan lauk suwiran ayam bakar, telor masak balado, sambal goreng kerecek, gudeg nangka muda, pecel sayuran dan peyek kacang. Meski harganya untuk ukuran kota kabupaten termasuk mahal seporsi Rp 14.000 tapi nasi campuran itu menjadi favorit pembeli.

Warung Lumintu juga menyediakan menu nasi gudeg, nasi pecel, dan ayam bakar saja tanpa dicampur apabila ada pengunjung yang masih awam dengan menu campur gudeg pecel sayur. Harga nasi pecel ditambah satu potong ayam bakar bisa menjadi Rp 21.000 karena ayam bakarnya ukuran besar.

Nasi campur tersebut rasanya sedap sekali di lidah cocok buat sarapan. Rasa pedas dari sambal goreng kerecek, rasa gurih dari bumbu pecel kacang berpadu dengan rasa gudeg yang tidak terlalu manis ditambah peyek kacangnya mempunyai sensasi kenikmatan tersendiri.

Yang menjadi ciri khasnya sambal goreng kereceknya tidak terlalu pedas dan ada campuran kacang tolo. Gudeg warnanya tidak terlalu coklat seperti di Jogyakarta dan tidak manis rasanya sedang-sedang aja. Rasa nikmatnya karena gudeg dimasak dengan tungku kayu bakar dan dimasaknya sehari sebelum disajikan agar rasa bumbunya meresap.

Seorang teman yang sudah merantau di Kota Los Angeles, Amerika Serikat selama sepuluh tahun setiap pulang kampung di Kota Jember selalu tidak menyiakan waktu untuk makan nasi gudeg campur pecel tersebut untuk mengobati rasa kangennya. Pasalnya, nasi gudeg campur pecel Lumintu salah satu menu favoritnya selama masih belajar di Jember.

Penulis paling suka makan nasi gudeg Lumintu dibawa pulang karena dibungkus daun pisang terasa nasi putihnya berbau wangi daun. Dimakan panas-panas uap nasi putih keluar membawa nikmat sarapan pagi dengan menu spesial Kota Jember tersebut.

Warung Lumintu buka sangat pagi mulai pukul 06.00 WIB. Rata-rata pukul 13.00 WIB pengunjung sudah banyak yang kecewa kalau datang untuk makan siang karena sering sudah kehabisan. (Asita Suryanto)