Pusat Pembuatan Coklat

Semua orang pasti suka permen cokelat. Untuk melihat proses pembuatannya Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) Jember menyelenggarakan wisata kriya pembuatan cokelat mulai proses awal sampai akhir di Desa Kaliwining, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jawa Timur.

Pengunjung akan diajak melihat proses pembuatan cokelat mulai sudah menjadi biji coklat kering, penghalusan, pengayakan dan pencampuran susu dan gula, sampai pencetakan dan terakhir pengemasan. Sekitar empat hari waktu yang diperlukan mulai penghalusan biji cokelat kering sampai proses menjadi permen cokelat.

Read More Comment (0) Hits: 1536

Wow... Ada Kursi Raksasa di Kafe Gumitir

Ketika Anda sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Banyuwangi, Jawa Timur melewati jalur selatan setelah Kota Jember akan melalui jalan berkelok-kelok yang dinamakan Gunung Gumitir. Di tempat ini Anda bisa istirahat melepas kepenatan menyetir mobil di kafe dan Rest Area Gumitir yang dikelola PTP XII.

Biasanya rest area jalan tol berupa pompa bensin dan kantin makan. Tapi disini Anda akan menjumpai suasana berbeda karena ada pemandangan asri ke lembah gunung, perkebunan kopi, outbound, berkuda, minum kopi luwak dan makanan Indonesia lainnya.

Festival Egrang Ledokombo

Permainan egrang merupakan permainan tradisional yang mulai langka dimainkan oleh anak-anak Indonesia. Tetapi di Kecamatan Ledokombo, Jember, Jawa Timur permainan egrang ini sengaja dilestarikan dengan dilakukan Festival Egrang Ledokombo setiap tahunnya.

Peserta egrang berkelompok melakukan gerakan-gerakan atraktif mulai angkat kaki satu diatas egrang, lari-lari, dan menari mengikuti lagu disko. Semua gerakannya dilakukan serentak per kelompok anak-anak usia SD sampai SMP berjumlah delapan orang. Kostum yang digunakan lucu-lucu mulai badut, jaranan reog, penari bali, flora hutan, pak sakerah Madura dan kostum Jember Fashion Carnaval.

Jember Fashion Carnaval Ikon Pariwisata Jember

Jember Fashion Carnaval (JFC), adalah kegiatan tahunan karnaval di Jember. Kegiatan ini diadakan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda. Tema Extreem Imagination untuk tahun 2012 yang diusung mengikuti trend, kejadian disekitar ataupun mengambil unsur budaya suatu daerah dalam negeri maupun luar negeri. Selain itu JFC adalah sebuah karnaval yang dengan peserta sekitar 600 orang berjalan menyusuri jalan sejauh sekitar 4 km.

Para peserta yang mengikuti karnaval tersebut bukanlah- model-model handal ataupun mereka yang biasa terlibat dengan dunia mode. Mereka adalah para partisipan dari berbagai kalangan umur,status dan latar belakang pendidikan. Kuncinya untuk mengikuti karnaval ini adalah kreatif, karena mereka bukanlah akan memperagakan kostum buatan orang lain. Kreasi kostum yang mereka pakai adalah asli ide dan buatan mereka sendiri.

Pantai Papuma

Kalau Anda ingin menyusuri jalur selatan Pulau Jawa di bagian Timur, mampirlah ke Pantai Papuma, di Jember. Disana akan ditemui pantai selatan yang ombaknya besar, batu karang yang tinggi dan pasir yang putih.

Untuk mencapai Pantai Papuma, ambil jalur darat bagian selatan dari Surabaya ke arah Jember sekitar 200 kilometer ke arah timur. Jarak yang ditempuh dengan mobil sekitar enam jam karena banyak jalur macet antara Kota Pasuruan dan Probolinggo.

More Articles...

Page 1 of 4

Start
Prev
1