Pantai Papuma

Kalau Anda ingin menyusuri jalur selatan Pulau Jawa di bagian Timur, mampirlah ke Pantai Papuma, di Jember. Disana akan ditemui pantai selatan yang ombaknya besar, batu karang yang tinggi dan pasir yang putih.

Untuk mencapai Pantai Papuma, ambil jalur darat bagian selatan dari Surabaya ke arah Jember sekitar 200 kilometer ke arah timur. Jarak yang ditempuh dengan mobil sekitar enam jam karena banyak jalur macet antara Kota Pasuruan dan Probolinggo.

Tapi rasa capek Anda di jalan akan terobati sesampai di Pantai Papuma. Karena alam sekitarnya masih asri berupa hutan jati ditambah suasana kapal-kapal nelayan yang banyak merapat di pantai. Di hamparan pasir putihnya anak-anak juga bisa bermain bola karena pantainya landai.

Di pantai yang anginnya keras ini bisa duduk-duduk santai sambil melihat dari kejauhan birunya laut, pulau-pulau karang yang menjorok keatas berpencaran, dan nelayan melaut. Apalagi ditambahi minum air kelapa muda menambah nikmat suasana menikmati Pantai Papuma.

Nama Papuma singkatan dari Pasir Putih Malikan. Nama ini sangat cocok menggambarkan pasir pantainya yang putih dan adanya cekungan teluk di pantai ini menambah indahnya suasana.

Pantai ini dikelilingi hutan lindung pohon jati yang dikelola Perhutani. Akses jalan dari Kota Jember menjelang masuk kawasan pantai akan melewati hutan lindung pohon jati dan jalan batu cadas yang terjal tapi sudah teraspal yang sudah tembus langsung ke pantai.

Dari atas ketinggian batu cadas Perhutani ini akan terlihat pemandangan indah Pantai Papuma dari kejauhan. Tiket masuk cukup Rp 7.000 saja per orang untuk masuk ke kawasan ini. Sebelum dua kilometer ke arah Pantai Papuma pengunjung juga bisa mampir ke Pantai Watu Ulo yang batu karangnya menyerupai ular memanjang menjorok ke laut.

Di hari kerja pantai ini sangat sepi hanya nelayan yang selalu datang di pagi dan sore hari untuk menurunkan hasih tangkapan ikannya. Pengunjung bisa juga membeli ikan laut segar langsung dari nelayan. Bisa langsung dibakar di tempat dititipkan membakarnya kepada pedagang ikan bakar di pantai yang putih ini.

Di kala sore hari, air laut mulai surut di sela-sela karang yang ada pinggiran pantai, pengujung bisa mencari kerang, ikan, udang-udang kecil yang terdampar. Banyak anak-anak yang sengaja menunggu air surut untuk mencari keasyikan berburu binatang laut di karang-karang yang landai dan berlumut hijau di tepian laut sepanjang pantai.

Pengunjung paling ramai di hari hari lebaran dan tahun baru. Karena pemerintah daerah setempat sengaja bikin acara musik di pantai selatan ini. Wisatawan luar daerah kalau ingin menikmati Pantai Papuma lebih baik hari akhir pekan biasa karena bisa menikmati pantai pasir putihnya dengan tenang tidak terlalu banyak pengujung.

Dari Kota Surabaya apabila naik bus Patas AC ke Jember perlu ongkos Rp 50.000 turun di Terminal Bus Tawang Alun Jember. Atau naik KA Mutiara dengan tarif Rp 70.000. Kemudian naik angkutan desa ke Kecamatan Ambulu sekitar Rp 10.000. Perjalanan dilanjutkan ke Pantai Papuma dengan ojek sekitar Rp 10.000. (Asita Suryanto)