Wow... Ada Kursi Raksasa di Kafe Gumitir

Ketika Anda sedang dalam perjalanan dari Surabaya menuju Banyuwangi, Jawa Timur melewati jalur selatan setelah Kota Jember akan melalui jalan berkelok-kelok yang dinamakan Gunung Gumitir. Di tempat ini Anda bisa istirahat melepas kepenatan menyetir mobil di kafe dan Rest Area Gumitir yang dikelola PTP XII.

Biasanya rest area jalan tol berupa pompa bensin dan kantin makan. Tapi disini Anda akan menjumpai suasana berbeda karena ada pemandangan asri ke lembah gunung, perkebunan kopi, outbound, berkuda, minum kopi luwak dan makanan Indonesia lainnya.

Kafe Gumitir sengaja dibangun di tengah perjalanan Gunung Gumitir sehingga lokasinya sejuk dan nyaman untuk istirahat. Bentuk kafenya berupa gazebo-gasebo di ketinggian sehingga bisa melihat pemandangan jalanan di area Gunung Gumitir. Nama setiap gazebo diambil dari nama produk perkebunan seperti kopi, teh, dan coklat.

Di area ini juga ada kursi kayu raksasa berukuran tiga kali tiga meter dan tinggi dua setengah meter yang dilengkapi dengan tangga. Kursi ini fungsinya bukan untuk duduk-duduk santai. Tapi berguna dinaiki dan berdiri untuk melihat pemandangan di lembah Gunung Gumitir. Kursi yang dibikin sangat kokoh terbuat dari kayu segawe sengaja dipilih supaya kuat akibat hujan dan panas terik.

Kayu raksasa ini menjadi incaran latar belakang foto bagi pengunjung karena bentuknya yang unik. Untuk berfoto dengan latar belakang lembah Gunung Gumitir bisa naik ke atas kursi dan Anda akan menjumpai pemandangan indah perkebunan kopi dan hutan di areal sekitarnya.

Menu makanan Indonesia mulai ayam goreng, bebek goreng, soto ayam dan camilan tahu serta singkong goreng bisa dicoba. Harga makanan nasi ayam goreng sekitar Rp 21.000 dan camilan tahu serta singkong goreng hanya Rp 5.000 saja. Singkong kuning goreng cukup empuk dan renyah cocok dinikmati dengan secangkir kopi lanang yang harganya Rp 8.000 per cangkir. Rasa kopinya sedikit pekat dan rasa pahit kopinya sangat terasa.

Minuman kopi dan teh disini adalah produksi dari hasil perkebunan PTP XII sendiri dan dijamin kopinya asli dari petikan kopi tua hasil perkebunan. Secangkir kopi luwak di Jakarta bisa seharga Rp 125.000 disini cukup dinikmati dengan harga Rp 60.000 saja. Tapi dijamin mutu rasanya sama dan ditambah embusan sepoi-sepoi angin dari perkebunan kopi yang membawa harum bunga kopi seperti bau bunga melati. Rasa kopi akan menjadi nikmat dan rasa kantuk di perjalanan akan segera hilang.

Pada hari Sabtu dan Minggu disediakan kendaraan dan kuda untuk menikmati naik lori melewati terowongan kereta api Mrawan yang terpanjang di Jawa Timur. Ada permainan motor ATV bisa untuk off road di area perkebunan kopi. Fasilitas outbound dan flying fox bagi anak-anak juga disediakan disini sehingga pengunjung tidak hanya istirahat minum dan makan tapi dengan keluarga bisa juga bermain dan bersantai. (Asita DK Suryanto, email: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it )