Pantai Puger , Pantai Nelayan di Sebelah Selatan Jember

Ingin melihat aktivitas pekerjaan nelayan dan penjualan ikan basah segar datanglah ke Pantai Puger. Sebagai pantai nelayan di sebelah selatan Kota Jember sangat menarik dikunjungi bagi penikmat belanja ikan segar dan terasi. Ikan basah yang baru dipanen di lalut oleh nelayan langsung dalam keadaan segar dijual di Pusat Pelelangan Ikan di Puger.

Bagi fotografer mengambil foto-foto nelayan yang sedang merapatkan perahunya dan menurunkan hasil tangkapan ikannya adalah sudut foto yang menari untuk diambil. Perahu Madura yang warna warni catnya di timpa matahari yang bersinar terik dan langit biru menghasilkan foto-foto yang kontras.

Aktivitas nelayan mulai menjemur dan melipat jaring ikan, menurunkan muatan ikan sampai aktvitas menggotong hasil tangkapannya menarik untuk diambil fotonya bagi penggemar fotografi atau sekedar jalan-jalan saja mencari suasana berbeda.

Bagi ibu-ibu yang suka membikin sambal terasi buat keluarganya , membeli terasi di Puger akan mendapatkan terasi asli dari udang apabila intar memilihnya. Terasi Puger yang asli dari udang banyak sekali bintik-bintik hitamnya. Harganya satu ons bisa Rp 10.000 apabila benar-benar yang asli udang.

Penjual ikan di Pasar Pelelangan Ikan Puger juga agak unik cara menjualnya dengan cara dikemas keranjang kecil dan djual secara acungan ala kaki lima. Ikan-ikan segar yang jarang ditemui di kota besar bisa dibeli disini dengan harga miring sekitar Rp 20.000 untuk ikan siap bakar dan udang sekitar Rp 30.000 serta cumi ukuran besar-besar juga Rp 30.000 an per kilogram.


Kisah nelayan Pantai Puger yang gagah berani menembus ombak selatan yang besar untuk mendapatkan ikan bagi keluarganya adalah perjuangan kisah laki-laki yang punya nyali keberanian luar biasa untuk menaklukkan ombak yang ganas. (Asita DK Suryanto)