Jember Sekarang

Hal-hal yg terbaru di kota Jember sekarang hotel, restoran, bupati, dll

Jalan Sudarman, Nama Jalan Terpendek di Kota Jember

Dulu saya pernah berpikir, kenapa ya kok di Kota Jember, Jawa Timur nggak ada JL Sudarman No 2? Atau nomor 3, 4, 5, dan seterusnya? Kenapa Jalan Sudarman hanya ada satu yaitu di depan Kantor Pemda, Kabupaten Jember dari ujung ke ujung, yang panjangnya kurang lebih hanya 100 meter itu.

Saat SMP,barulah saya ketahui ternyata jalan tersebut (Jalan Sudarman) diambil dari nama Bupati ketiga Jember era 1943 - 1947. Waktu itu, namanya masih menggunakan ejaan lama, R. Soedarman.

Read more...

Batik Jember Motif Tembakau Mulai Dilirik Pasar

Kabupaten Jember tidak bisa lepas dari semua yang berbau tanaman tembakau. Gambar lambang atau logo dari Jember pun daun tembakau yang melambangkan Jember selain dikenal sebagai gudang pangan juga dikenal sebagai daerah penghasil komoditi tembakau yang terkenal dan menghasilkan devisa cukup besar bagi Negara.

Sudah sejak puluhan tahun Jember dikenal sebagai penghasil tembakau Na Oogst yang paling banyak mengeksor bahan dasar rokok cerutu ke Bremen, Jerman. Sehingga kain batik produksi Jember pun sangat tidak heran kalau didominasi motif daun tembakau. Tempat outlet penjualan batik di Jember hampir semua memiliki motif daun tembakau. Salah satu diantaranya yang melestarikan batik di Jember adalah Rumah Batik Rolla . Batik Rolla memiliki 156 pembatik yang beberapa diantaranya bekerja di rumah masing-masing.

Read more...

Save Gumuk

Tiba-tiba semua orang di kota kecil Jember sedang ramai membicarakan gumuk, baik di warung-warung kopi apalagi di jejaring sosial. Ada apa ya? Ow, ternyata kawan-kawan muda sedang gencar melakukan gerakan moral penyelamatan gumuk bertajuk Save Gumuk.

Aksi kolektif ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ingatan kita semua (teristimewa masyarakat Jember dan sekitarnya) bahwa keberadaan gumuk sangatlah penting. Tak heran jika dulu kota kecil ini pernah menyandang gelar sebagai ‘Kota Seribu Gumuk.’

Read more...